11. Jun, 2015

Kain Katun

Jenis Katun

Istilah Combed dan Carded digunakan untuk membedakan benang yang digunakan pada rajutan kain. Ini dia bedanya Bahan Kaos Katun Combed dan Katun Carded.

Carded:
Kain ini dirajut dari benang-benang yang berbulu dan tidak disisir saat proses perajutan sehingga masih banyak mengandung serat-serat kapas yang pendek-pendek. Pada Benang jenis ini mesin yang digunakan tidak ada mesin combingnya. Nama Carded di sini berasal dari nama mesin pemintalannya yaitu mesin Carding.

Combed:
Adalah kain yang disusun dari benang kapas dimana pada saat pemintalannya / spinning menggunakan mesin tambahan yang disebut dengan mesin combing yang gunanya untuk membuang serat-serat pendek dari kapas yang tidak optimal pada mesin sebelumnya (Mesin Carding). Karena kerapihan dan kehalusan serat, serta kelembutan dan kenyamanannya, kain Katun Combed pada umumnya diperuntukkan untuk kaos-kaos kualitas distro dari merek-merek clothing terkenal.

Di balik angka kain Katun

Anda pasti sering bertemu dengan istilah Cotton Combed 20s, 24s, 30s, atau 40s. Umumnya, semakin kecil angka semakin tebal bahan kaos yang dimaksud. Katun Combed 20s lebih tebal dibanding jenis 24s, 24s lebih tebal daripada 30s, dan seterusnya. Akan tetapi, tidak ada standar yang pasti di antara para produsen bahan katun, sehingga istilah 20s dari produsen kaos 1 bisa berbeda ketebalannya dengan bahan 20s dari produsen lainnya. 

Angka 20, 24, 30, dan 40 mengacu pada tipe benang yang digunakan pada proses perajutan menjadi kain. Benang 20 pada umumnya digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 180 – 220 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal (single knit). Benang 24 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 170 – 210 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal (single knit). Benang 30 dipakai untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 140 – 160 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. Untuk jenis rajutan jarum ganda, bahan kain yang dihasilkan mencapai gramasi antara 210 – 230 gr/m2. Benang 40 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 110 – 120 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal (single knit). Untuk jenis rajutan jarum ganda, bahan kain yang dihasilkan mencapai gramasi antara 180 – 200 gr/m2. 

Demikian,

Tim www.pesanbaju.net

Diolah dari berbagai sumber